Subuh, Waktu Yang Banyak Dilewatkan

Subuh atau permulaan pagi sebelum terbitnya fajar merupakan salah satu waktu yang istimewa. Ada beberapa hal yang menjadikan waktu subuh menjadi istimewa, antara lain :
1.      Udara di waktu subuh adalah kondisi udara yang terbaik. Karena waktu subuh adalah permulaan hari. Udara yang ada masih fresh dan segar, masih belum terkontaminasi polusi. Sangat baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk berolahraga di waktu ini agar kesehatan tubuh dapat terjaga.
2. Waktu Subuh merupakan waktu turunnya para malaikat untuk membagikan rezeki. Bagi seorang muslim, Shalat subuh adalah wajib baginya. Dan di dalam Al Quran telah dijelaskan bahwa di waktu subuh, ribuan malaikatNya akan turun ke bumi untuk membagikan rezeki kepada setiap muslim yang terjaga dari tidurnya dan mendirikan Shalat Subuh. Jadi, Bangun tidur di waktu subuh bisa dikatakan wajib kalau ingin mendapatkan rezeki dari-Nya.
3. Waktu subuh dapat memberikan ketenangan. Ketika kita sedang punya masalah, sering gelisah, cobalah rutin untuk terjaga di waktu subuh. Setelah shalat subuh. Kita duduk dengan rileks, pejamkan mata. Lalu atur napas kita. Secara perlahan, pikirkan kembali, apa yang membuat kita gelisah, lalu coba cari solusinya. Lakukan dengan perlahan. Karena udara yang masih fresh mengalir di otak kita, membuat kita menjadi lebih rileks, dan membuat kita bisa lebih mengontrol pikiran kita. Pikiran kita akan lebih jernih dibandingkan ketika kita berpikir di waktu-waktu lainnya. Dengan adanya ketenangan pada pikiran, secara tidak langsung juga akan memacu kreativitas. Hal ini sangat cocok untuk kita yang sedang berusaha untuk mendapatkan suatu ide atau gagasan.
Jadi, dengan begitu istimewanya waktu subuh, sebenarnya tidak ada alasan lagi untuk tidak bangun di waktu subuh. Rasa malas pasti ada. Tapi kalau coba sedikit ‘dipaksa’, dan dibiasakan, lama-kelamaan tidak akan menjadi beban dan kesulitan untuk bangun di waktu subuh. Bahkan orang tua kita pun mengatakan “Bangun tidur jangan kesiangan, Nanti rezekinya dipatok Ayam”. So, kalau kita tidak mau rezeki kita diambil ayam, bangunlah di waktu subuh.
Sumber :  

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »